Custom Search

Hari ini Pesta Danau Toba 2010 Resmi di Buka

MYCULTURED

Dirjen Pemasaran Depbudpar DR Sapta Nirwandar akan membuka secara resmi Pesta Danau Toba (PDT) 2010. Acara pembukaan dimulai sekira pukul 14.00 wib, Rabu (20/10) di Open Stage Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun. Ketua Panitia Parlindungan Purba SH mengatakan kepada wartawan, Selasa (19/10) bahwa persiapan panitia sudah siap seratus persen untuk melaksanakannya.

Parlindungan Purba menjelaskan, pelaksanaan PDT 2010 harus dijadikan sebagai momentum yang baik dalam merancang pelaksanaan kegiatan pendukung pariwisata di Danau Toba untuk masa yang akan datang. “Kegiatan PDT 2010 diharapkan dapat dilanjutkan sebagai kalender tetap untuk tahun 2011 dan seterusnya,” ujarnya.

Dalam mensukseskan kegiatan pendukung pariwisata di Danau Toba, masyarakat jangan dibiarkan berjalan sendiri–sendiri, pemerintah dan seluruh pihak terkait diharapkan lebih sungguh –sungguh untuk mendukung pengembangan dan kebangkitan kembali sektor pariwisata Danau Toba.

Lebih lanjut Parlindungan Purba menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama mengambil peran masing–masing mensukseskan pelaksanaan PDT 2010, karena kesuksesan PDT 2010 akan menjadi tolok ukur atau bukti bahwa masyarakat di Danau Toba sudah siap menjadi tuan rumah yang baik, siap menjamu serta melayani setiap wisatawan yang datang ke Danau Toba.

Apabila masyarakat sudah siap maka Pemerintah pasti mendukung baik dari segi pendanaan dan dukungan menyangkut regulasi atau master plan pengelolaan sektor pariwisata di Danau Toba. Parlindungan menghimbau kepada segenap masyarakat dan seluruh stake holder yang ada,” bersama kita bisa membangkitkan kembali geliat pariwisata Danau Toba,” ujarnya.

Masyarakat Parapat siap Sukseskan PDT
“Kami sedang membangun panggung raksasa dan berbagai tribun penting untuk mendukung kegiatan, baik untuk acara seremoni maupun pada kelanjutan kegiatan di panggung tersebut. Pada saat acara pembukaan nanti acara sudah siap digelar dan panitia sudah menyediakan seluruh sarana pendukung hingga sound system dengan kekuatan power sekitar 50.000 watt,” kata. Ketua Panitia Lokal Imman Nainggolan SSos, Selasa (19/10).

Selanjutnya siapapun yang akan membuka PDT kali ini, bagi warga Parapat tidak terlalu penting, karena kegiatan PDT 2010 merupakan kegiatan pendukung pariwisata. Yang terpenting bagi masyarakat adalah bagaimana pariwisata Danau Toba menarik dan diminati oleh banyak wisatawan. Oleh karenanya masyarakat siap mendukung pelaksanaan PDT 2010. “Sebagai masyarakat yang menggantungkan hidup dari sektor pariwisata kami berharap kepada pemerintah supaya dengan rela dan sungguh–sungguh mau mendukung kegiatan–kegiatan pariwisata di Danau Toba. Kami masyarakat yakin bahwa semakin banyak kegiatan yang terjadwal setiap tahunnya dilaksanakan sesuai jadwal yang tetap maka sektor pariwisata Danau Toba pasti akan bangkit kembali,” ujar salah seorang tokoh masyarakat Tumpan Sinaga juga Ketua LPM Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.
Rangkaian jadwal acara PDT 2010.

Jadwal acara yang akan dilaksanakan, selama PDT 2010 akan diisi pawai budaya dari kabupaten se kawasan Danau Toba, devile peserta dari rombongan anak sekolah yang menonjolkan Aku Cinta Danau Toba, tarian klosal dari Jakarta dengan jumlah personil 150 hingga 200 orang sebagai kelanjutan gong kebangkitan pariwisata Danau Toba.
Sekretaris Umum panitia PDT 2010 Artur Batubara MSc menjelaskan kepada wartawan bahwa jadwal kegiatan PDT 2010, sudah diawali dengan kegiatan olahraga paralayang, voli pantai di Samosir, selanjutnya pada saat general revetisi kegiatan lainnya seperti Gerakan Aku Cinta Danau Toba, Toba Fotografer Club, Kulineri, dan hiburan pengantar sudah berlangsung menyambut acara pembukaan sekitar pukul 14.00 WIB di Parapat.

Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan acara Pentas Seni Danau Toba, Opera Batak, dan Hiburan rakyat.

Pada hari berikutnya aktivitas kegiatan PDT 2010 dirangkai dengan penyerahan pohon kepada perwakilan anak sekolah, pameran dan kulineri, pesta panen ikan di Haranggaol, festival gondang, catur, body painting kerbau, lomba mainkan seruling, parade kapal hias, Marhonong, Margala, Marjalekat, atraksi layang layang 3 dimensi, rally wisata, extreme motor trail, drumband, lomba dayung, solu dakdanak, dan lomba lari gembira 4 K serta hiburan rakyat yang dilaksanakan setiap malam di open stage Parapat.

Sementara acara penutupan, Minggu (24/10) akan dirangkai dengan kegiatan atraksi budaya, penyerahan cendra mata Danau Toba Award 2010, acara manortor bersama, aero modeling dan hiburan rakyat.
sumber : hariansib

No comments:

Post a Comment

Masukkan Email Anda Disini untuk dapat artikel terbaru dari BUDAYA BATAK:

Delivered by FeedBurner

KOMENTAR NI AKKA DONGAN....!!!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...