Custom Search

TUAN SARIBURAJA dan Marga-marga Keturunannya

MYCULTURED

TUAN SARIBURAJA adalah putra kedua dari GURU TATEA BULAN. Dia dan adik perempuannya yang bernama SI BORU PAREME dilahirkan marporhas (anak kembar berlainan jenis kelamin).

Mula-mula TUAN SARIBURAJA kawin dengan NAI MARGIRING LAUT (NAI MANGIRING LAUT) dan kemudian memperoleh putra bernama RAJA IBORBORON (BORBOR). Tetapi kemudian SI BORU PAREME menggoda abangnya (TUAN SARIBURAJA), sehingga antara mereka terjadilah perkawinan incest. Setelah perbuatan melanggar adat ini diketahui oleh saudara-saudaranya (yaitu LIMBONG MULANA, SAGALA RAJA, dan MALAU RAJA), maka ketiga saudara tersebut sepakat untuk membunuh TUAN SARIBURAJA.

Akibatnya, TUAN SARIBURAJA mengembara ke hutan Sabulan dan meninggalkan SI BORU PAREME yang sedang hamil. Ketika SI BORU PAREME hendak bersalin, dia dibuang oleh saudara-saudaranya ke hutan belantara. Tetapi di hutan tersebut secara kebetulan TUAN SARIBURAJA bertemu dengan dia.

TUAN SARIBURAJA datang bersama dengan seekor harimau betina yang sebelumnya telah dijadikan istrinya di hutan itu. Harimau betina itulah yang kemudian merawat serta memberi makan SI BORU PAREME di dalam hutan. SI BORU PAREME kemudian melahirkan seorang putra yang diberi nama SI RAJA LONTUNG.

BACA JUGA TOPIK INI:


1 comment:

  1. saya ingin bertanya,
    apakah sebenarnya ikatan yang terjadi antara Lubis dan Pasribu, atau sebaliknya.
    seandainya ada marga Lubis yang ingin menikahi boru Pasaribu, atau sebaliknya.
    apakah tidak ada aturan secara adat batak yang mampu untuk mengakomodasi pernikahan tersebut?
    atau memang sama sekali tidak boleh mereka menikah?
    diharapkan jawabannya.
    mauliate parjolo

    ReplyDelete

Masukkan Email Anda Disini untuk dapat artikel terbaru dari BUDAYA BATAK:

Delivered by FeedBurner

KOMENTAR NI AKKA DONGAN....!!!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...