Custom Search

Marga Sitompul Ruhut Terancam Dicopot...??

Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul terancam dikeluarkan dari marga Sitompul. Hal itu karena istri Ruhut, Anna Rudhiantiana Legawati sore tadi melaporkan sang suami ke Dewan Tobing se-dunia karena dianggap telah melalaikan adat istiadat batak.

Pasalnya, Ruhut tidak mengakui pernikahan sah dengan dirinya yang sudah terjadi 16 tahun lalu. Dalam media massa, Ruhut kerap mengatakan pernikahannya dengan Anna tidak sah alias kumpul kebo.

Hal tersebut membuat Anna geram, hingga akhirnya melaporkan sang suami ke Dewan Tobing se-dunia yang berkantor di Gedung The Boulevard Jakarta. Anna yang mendapat marga Tobing setelah menikah dengan Ruhut merasa berhak mendapatkan perlindungan dari organisasi marga Tobing.

"Setelah tiga hari (melaporkan ke Mabes Polri) saya sebagai boru Tobing berhak mendapatkan perlindungan. Saya menginginkan agar keluarga Sitompul untuk tidak semena-semena kepada saya, karena Ruhut sudah mengabaikan hal-hal yang berkaitan dengan adat," ujar Anna saat jumpa pers di Gedung The Boulevard Jakarta, Kamis (14/7/2011).

Hal yang sama diungkapkan Kuasa Hukum Anna, Hotman Paris Hutapea menjelaskan pelaporan kepada Ruhut dilakukan setelah melihat pernyataan Ruhut di media.

"Semakin banyak perkataan Ruhut yang mengatakan pernikahan itu kumpul kebo. Kami mengadukan secara hukum adat," kata Hotman.

Tidak hanya itu, Hotman juga membeberkan puluhan foto pernikahan adat Ruhut dan Anna yang dilangsungkan di tanah Batak. Dalam foto tersebut juga menampilkan foto Ruhut dengan kedua orangtuanya beserta anaknya Christian dan Anna yang mengenakan adat Batak.

Kata Anna, dirinya tak akan mempermasalahkan hal ini bila Ruhut bukan berasal dari suku Batak.

"Kalau dia bukan adat Batak tidak masalah, tapi dia kan Batak terikat adat," ucapnya.

Menurut Ketua Dewan Tobing Sedunia, Simon Tobing, Ruhut bisa dikeluarkan dari marga Sitompul.

"Akhirnya dia bisa tidak diakui di dalam marganya, tidak diterima di komunitasnya. Misalnya, kalau datang ke pesta tidak dianggap, nanti anaknya tidak dianggap juga. Itu nanti akan kita bahas dulu dengan pihak keluarga Sitompul," paparnya.

Hotman meminta agar Ruhut dihukum secara adat. "Yang kita minta si Ruhut dihukum secara adat, dikeluarkan dari adat. Soal terwujud atau tidak serahkan saja ke Dewan Tobing Sedunia,” katanya.

(http://news.okezone.com/read/2011/07/14/339/479934/marga-sitompul-ruhut-terancam-dicopot)

No comments:

Post a Comment

Masukkan Email Anda Disini untuk dapat artikel terbaru dari BUDAYA BATAK:

Delivered by FeedBurner

KOMENTAR NI AKKA DONGAN....!!!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...