Custom Search

Kerajaan Nagur

MYCULTURED

Menurut Sdr Amanihut N. Siahaan, H Pardede dalam sejarah perkembangan Marga-marga Batak, di Simalungun pernah berdiri suatu kereajaan besar sekitar daerah Raya, yang bernama Timoraya Nagur. Disana berkembang feodalisme. Kerajaan ini menjadi kaya raya karena perdagangan dengan pantai Sumatera Timur. Serangan Sultan Aladdin Riayat Syah al Kahar tahun 1539 dapat digagalkannya. Tapi karena serangan ini kadi lemahlah dan tidak berdaya lagi. Belakangan yang mengalahkan Nagur ialah kerajaan Tuan Rondahaim, kira-kira 1870.

Ibu negeri dari kerajaan Nagur ini, dulu ada orang mengatakan dekat Tigarunggu, tatapi lebih banyak orang menyangka dekat Nagaraja sekarang, karena masih banyak nama-nama kampung yang memakai Nagur, umpamanya Nagur Bayu, Nagur Usang, Mariah Nagur dan Nagur Raja (Nagoraja, Nagaraja).

Marga yang memerintah Nagur ialah marga Damanik. Tetapi lain dari marga Manik yang datang kemudian dari Toba, sebab bagian-bagian marga ini lain dari yang disana, misalnya: Manik Sola, Manik Sarasan, Manik Usang, Manik Bayu. Boleh jadi ini termasuk pada SImalungun yang pertama menduduki daerah ini.

Diambil dari : Seminar Kebudayaan Simalungun 1974, oleh J. Wismar Saragih.




No comments:

Post a Comment

Masukkan Email Anda Disini untuk dapat artikel terbaru dari BUDAYA BATAK:

Delivered by FeedBurner

KOMENTAR NI AKKA DONGAN....!!!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...