Custom Search

Seleksi Delapan Balon Cagubsu dan Dua Balon Cawagubsu

Sutyas Handayani, istri Pendaftaran Cagubsu/Cawagubsu lewat Partai Demokrat resmi ditutup pada Selasa (6/6). Tercatat sepuluh nama suadh menyerahkan dokumen sebagai syarat administrasi pencalonan.

Baik kader maupun non-kader akan menunggu tahapan seleksi selanjutnya. Ini baru tangga pertama. Banyak anak tangga lain yang harus dilewati. Jalan mereka masih panjang dan berliku untuk bisa terpilih sebagai Cagubsu/Cawagubsu dari partai pemenang Pemilu 2009 ini.

TAHAPAN selanjutnya adalah surveitim independen untuk pemeringkatan siapa yang paling mendapat sambutan ditengah masyarakat. Meski demikian, tetap saja hasil surveitersebut tidak langsung membuat peringkat teratas otomatis diusung partai untuk menjadi Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu).




Anggota tim sembilan Partai Demokrat Sumut, Tahan Manahan Panggabean dalam sesi penutupan pendaftaran Cagubsu/Cawagubsu 2013 di Kantor Sekretariat PD Sumut, Jalan Multatuli Medan, Rabu (6/6), mengatakan hasil surveiini hanya menjadi pertimbangan bagi majelis tinggi Demokrat yang diketuai oleh SBY.

“Mengenai jaminan sendiri, kami tidak bisa memastikan. Karena pertimbangannya ada di Majelis Tinggi Partai yang diketuai Pak SBY,” katanya.
Terkait parameter survey, Tahan mengatakan, parameter surveiditentukan sendiri oleh UI sebagai surveyor.

“Nanti akan diputuskan oleh Majelis Tinggi dengan berbagai pertimbangan. Jadi, setelah survei selesai mungkin sebulan atau dua bulan ke depan, hasilnya akan disampaikan ke DPP. Selain itu juga akan ada pertimbangan internal partai termasuk dari tim 9 maupun DPD Demokrat Sumut,” ungkap Sekretaris DPD I Partai Demokrat Sumut tersebut.

Terkait 10 nama yang resmi mendaftar, Tahan menjabarkan, delapan diantaranya mendaftar sebagai orang balon Gubsu adalah Sutan Batoegana, Cornel Simbolon, Benny Pasaribu, Gus Irawan Pasribu, AY Nasution, Amri Tambunan, HT Milwan dan T Erry Nuradi. Sementara yang melamar cawagub, yakni Mindo Tua Siagian dan Nurhasanah.

Dan terdapat delapan orang lainnya yang mengambil formulir tapi tidak mendaftar, atau tidak mengembalikan formulir. “Artinya dengan adanya sepuluh nama ini, maka tugas kami di Tim-9 adalah menyampaikan data lengkap dan berkas sepuluh nama ini untuk disurvei. Hasil survei akan kami laporkan ke DPP untuk disampaikan kepada Majelis Tinggi. Keputusan akhir ada di Majelis Tinggi,” katanya.

Secara terpisah, Sutan Bathoegana Siregar tampak semakin percaya diri bakal bisa maju sebagai Cagubsu yang diusung Partai Demokrat. Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Demokrat itu fokus menggenjot sosialisasi dirinya agar diterima masyarakat Sumut.

Ditanya apakah sudah melirik kandidat cawagub yang akan dijadikan pasangannya, Sutan mengatakan, untuk saat ini dirinya belum memikirkan soal pasangannya itu. “
Saya belum ada berpikir cari cawagubsu untuk saat ini, masih terlalu dini,” kilahnya saat ditanya koran ini di Jakarta, kemarin (6/6).

Sutan merupakan tokoh dengan latar belakang murni politisi. Sementara, banyak kandidat yang muncul, latar belakangnya cukup beragam. Mulai dari mantan tentara, mantan birokrat, dan politisi.

Sejumlah kalangan menilai, idealnya seorang politisi harus menggaet birokrat yang sudah paham seluk-beluk pemerintahan, agar saat berkuasa nantinya bisa langsung menjalankan roda pemerintahan.

Bagaimana dengan Sutan? Salah seorang dari sembilan tokoh pendiri Partai Demokrat itu menyatakan, dirinya tidak akan melihat latar belakang kandidat yang akan dipilih menjadi pasangannya. Dia tak peduli apakah dia bekas jenderal, politisi, ataupun mantan birokrat.

“Saya tidak akan lihat latar belakangnya,” ujar Sutan. Yang terpenting, katanya, orang tersebut disukai rakyat dan sosok yang mau bekerja keras untuk kepentingan rakyat. Satu kriteria lagi, orang tersebut tidak berpotensi memunculkan terjadinya pecah kongsi.

“Harus bisa bekerja sama dengan gubernur, dalam suka dan duka untuk membangun Sumut yang lebih mantab,” ujar Sutan yang sudah gencar mendengungkan slogan MANTAB (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Asri, Bersih) itu. (ari/sam)

Sumber: Sumut Pos




No comments:

Post a Comment

Masukkan Email Anda Disini untuk dapat artikel terbaru dari BUDAYA BATAK:

Delivered by FeedBurner

KOMENTAR NI AKKA DONGAN....!!!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...