Custom Search

Letjend (Purn) Cornel Simbolon Optimis Cagubsu Demokrat

Mantan petinggi TNI meramaikan bursa pencalonan Gubsu pada Pilgubsu 7 Maret 2013. Letjend (Purn) Cornel Simbolon, mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) ini mendaftar sebagai calon Gubsu ke Sekretariat DPD Partai Demokrat Sumut, Jalan Multatuli, Medan, Jumat (1/6).

Dengan pendaftaran ini, maka pria kelahiran Pangururan, Samosir yang kini menjabat sebagai Ketua DPP Partai Demokrat bidang politik dan keamanan akan bersaing dengan sesama kader Demokrat lainnya untuk menjadi calon Gubsu , yakni Sutan Bhatoegana yang sudah mendaftar lebih awal.




Selain itu, Cornel juga bakal bersaing dengan sesama mantan petinggi TNI lainnya, yaitu mantan Pangkostrad Letjen (Purn) AY Nasution yang disebut-sebut akan maju jadi Gubsu lewat Demokrat juga. Bahkan, AY sudah membentuk AY Center sebagai sarana dirinya lolos sebagai calon Gubsu bahkan memenangkan perebutan Sumut-1.

Usai mendaftar, Cornel menegaskan dirinya optimis akan diusung oleh partai tempatnya berkarir politik setelah pensiun dari TNI tersebut sebagai calon Gubsu.

"Saya calon gubernurnya, dan seratus persen saya yakin akan diusung Demokrat. Karena yakin loloslah maka saya mendaftar," tegasnya.

Soal kedekatannya dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat sebagai modalnya lolos menjadi calon Gubsu, Cornel mengaku semua kader punya peluang yang sama. Bahkan, semua kader yang ingin maju sudah mendapat restu SBY.

Mengenai siapa nantinya yang ditetapkan sebagai calon, tentunya partai punya ukuran dan pertimbangan tersendiri.

"Sama halnya dengan adanya kader yang sudah terlebih dahulu mendaftar, tentu siapa yang paling layak lah yang akan diusung," sebutnya ketika ditanya tentang sosok Sutan Bhatoegana yang akan menjadi salah satu pesaingnya.

Begitu juga soal rencana AY Nasution yang berniat maju sebagai calon Gubsu, Cornel menjelaskan, sekalipun ada mantan prajurit lainnya yang akan melamar ke Demokrat, ia menganggap hal itu tidak kemudian menjadi pesaing. Akan ada penilaian sesuai mekanisme partai siapa yang akan diusung nantinya.

Apakah dirinya sudah punya pasangan sebagai calon Wagubsu, Cornel mengaku sudah mengincar sejumlah nama, namun ia belum bersedia menyebutkan.

Soal kriterianya, Cornel menyebut di antaranya ada nuansa kebhinekaan, berasal dari partai, baik kader Demokrat maupun parpol lain yang akan dijadikan koalisi.

Saat mendaftar, Cornel didampingi para tim suksesnya dan diterima anggota Tim 9 (penjaringan/penyaringan calon Gubsu) Demokrat dan Direktur Eksekutif DPD Demokrat Sumut Borkat Hasibuan.

Meilizar Latief menjelaskan, sudah dua orang mendaftar sebagai calon Gubsu lewat partainya. "Saat ini sudah ada dua orang yang mendaftar ke Demokrat, meskipun yang mengambil formulir sudah banyak. Pendaftaran masih dibuka dan belum ada petunjuk kapan akan ditutup," terangnya.

Gus Irawan
Pada hari yang sama, Direktur Utama Bank Sumut mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Gubsu ke DPD Demokat dan PDIP Sumut. Pengambilan formulir dikuasakan kepada Ari Haris Siregar dan Darma Bakti Lubis.

Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Brilian Moktar yang menerima kedatangan perwakilan Gus Irawan mengatakan, rencananya Gus mendaftar sebagai calon, hari ini.

"Tadi saya bertelepon dengan beliau (Gus Irawan-red) dan katanya akan mendaftar besok (hari ini)," ungkap anggota FPDIP DPRD Sumut ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, sudah dua orang yang mendaftar sebagai calon Gubsu lewat PDIP Sumut, yakni Bintatar Hutabarat dan mantan Sekdapropsu Dr RE Nainggolan. (herman/sasli simarmata)

MedanBisnis


No comments:

Post a Comment

Masukkan Email Anda Disini untuk dapat artikel terbaru dari BUDAYA BATAK:

Delivered by FeedBurner

KOMENTAR NI AKKA DONGAN....!!!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...